Daerah

Masuk 5 Besar MTQ Ke-41 Tingkat Provinsi Riau Di Kota Rengat, Kafilah Kota Dumai Ukir Prestasi Gemilang

Ahad, 19 November 2023 | 15:51:38 WIB
Ket gambar : Lamp keputusan Dewan Hakim MTQ ke-41 Provnsi Riau di Kota Rengat, Kabupaten Inhu.

Kota Rengat (Inhu), RPC.

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 Tingkat Provinsi Riau Tahun 1445 H/2024 M dilaksanakan di Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu resmi ditutup. Bertempat di Astaka Utama kawasan Danau Raja Rengat, Sabtu Malam (18/11/2023) penutupan dilakukan oleh Plt. Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Masrul Kasmy.

Sebelumnya kegiatan MTQ di Kota Rengat 11 November lalu dibuka Plt. Gubernur Riau, Edy Natar Nasution dan dihadiri juga oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Muliardi, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, Wakil Bupati Junaidi Racmat, Anggota DPRD Provinsi Riau, Bupati/Walikota dan KaKan Kemenag se-Provinsi Riau, unsur Forkopimda Riau dan Kab Indragiri Hulu, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Majelis Hakim, Ketua LPTQ se-Riau, Kafilah 12 Kab/Kota se-Riau serta tamu undangan lainnya. 

MTQ kali ini memperlombakan sepuluh cabang dan keluar sebagai Juara Umum Kabupaten Bengkalis dengan perolehan nilai 82 poin, disusul oleh Pekanbaru dengan 64 poin posisi dua, selanjutnya berurutan Rokan Hilir dengan 53 poin dan Indragiri Hilir 42 poin pada posisi ketiga dan keempat.

Kontingen Dumai sendiri membuat prestasi gemilang bertengger di posisi kelima dengan perolehan 39 poin. Sebuah peningkatan spektakuler karena pada perhelatan MTQ sebelumnya menduduki posisi juru kunci. Sebuah prestasi yang patut dibanggakan dan artinya pembinaan di bidang keagamaan meningkat dengan signifikan.

Setelah Kafilah Dumai pada urutan lima disusul Kampar 37 poin urutan enam, selanjutnya berurutan sampai akhir yaitu Pelalawan 36 poin, Rokan Hulu 23 poin, Kepulauan Meranti 21 poin, Indragiri Hulu 20 poin, Siak 20 poin dan ditutup Kuantan Singingi 17 sebagai juru kunci klasemen.

Penutupan MTQ ini ditandai dengan penekanan tombol tanda berakhirnya pelaksanaan MTQ Provinsi Riau tahun 2023 dan penyerahan bendera LPTQ kepada Walikota Dumai H. Paisal, SKM., MARS Karena MTQ selanjutnya akan diadakan di Kota Dumai, semoga prestasi gemilang tersebut bis di pertahankan. Jika dapat ditingkatkan lagi terlebih kelak kita bertindak sebagai tuan rumahnya.

Setelah penyerahan bendera LPTQ selanjutnya penyerahan Piala Juara Umum kepada Kabupaten Bengkalis oleh Asisten I Masrul Kasmy dengan didampingi Plt. Kakanwil Kemenag Riau, Buati Indragiri Hulu, Wakil Bupati Indragiri Hulu, dan Ketua LPTQ Prov. Riau diwakili Sekretaris H. Syafwan Muhajir, MTQ  Ke 41 Tingkat Provinsi Riau resmi ditutup.***(RPC)

.

Terkini