Daerah

Dorong Karya Jurnalistik Berkualitas, Pertamina Bagikan Tips & Trik AJP 2025 ke Jurnalis Teritori Sumbagteng

Selasa, 09 September 2025 | 17:20:01 WIB
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) , Fadjar Djoko Santoso bagikan sejumlah tips dan trik AJP 2025 dalam sosialisasi & media briefing di Pekanbaru, Selasa (9/9)

Pekanbaru, (Riau)-RPC

PT Pertamina (Persero) kembali menggelar ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2025 untuk menjaring karya terbaik insan jurnalis di seluruh Indonesia, termasuk wilayah Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng).

Bersama anak Perusahaan/Subholding di wilayah Teritori 2 Sumbagteng, Pertamina membagikan sejumlah tips dan trik serta paparan kinerja positif Pertamina dari hulu hingga hilir. Kegiatan ini digelar secara hybrid, bertempat di Ballroom Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Selasa (9/9).

Keterangan foto : Area Manager Communication, Relations, CSR PT KPI RU II Dumai Agustiawan membuka agenda sosialisasi & media briefing AJP 2025 Teritori Sumbagteng di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (9/9)

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan 
bahwa penyelenggaraan AJP terbuka bagi semua jurnalis di tanah air, baik media nasional maupun lokal, yang mencakup media cetak, online, TV, maupun Radio.

“Lewat AJP 2025, Pertamina ingin mendorong jurnalis menghadirkan karya-karya jurnalistik yang berkualitas, inspiratif dan berdampak bagi masyarakat. Ajang ini bukan sekadar menjadi ajang kompetitif, tetapi juga menjadi sarana upskilling bagi rekan-rekan jurnalis,” ujar Fadjar dalam sambutannya.

Keterangan foto : PT Pertamina (Persero) menggelar sosialisasi & media briefing AJP 2025 ke jurnalis teritori Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (9/9).

Dengan tema “Energizing Indonesia”, AJP 2025 tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga ruang kolaborasi sehat bagi jurnalis dari seluruh penjuru negeri. Bertepatan dengan momentum HUT ke-68 Pertamina yang jatuh pada 10 Desember mendatang, tema ini merefleksikan peran dan kontribusi Pertamina dalam mendorong kemajuan bangsa dan negara.

Fadjar menambahkan, sejak 2024 perhelatan AJP dibagi ke dalam dua pilar topik, yaitu Bisnis dan Non-Bisnis. Masing-masing pilar terdiri dari empat kategori karya, diantaranya Karya Tulis, Televisi, Radio, dan Esai Foto, sehingga total terdapat delapan kategori yang dilombakan. Adapun empat pilar publikasi yang menjadi fokus kompetisi pada AJP tahun ini meliputi Swasembada Energi, Energi Masyarakat, Energi Hijau, serta Bisnis Berkelanjutan yang dijalankan di seluruh lini Pertamina Group. “Pembeda kategori ini untuk menambah peluang rekan-rekan jurnalis untuk menang,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Fadjar turut membagikan sejumlah catatan penting berupa tips dan trik dari para juri AJP 2024 kepada ratusan jurnalis Sumbagteng yang hadir, baik secara langsung maupun daring, untuk dipersiapkan dalam AJP 2025.  Beberapa tips yang dibagikan diantaranya, membuat judul yang menarik dan menekankan pada aspek dampak serta menghindari typo dalam penulisan.

Selain itu, karya tulis juga dianjurkan menggunakan gaya penulisan feature news dengan melibatkan narasumber yang lebih beragam, tidak hanya dari Pertamina, tetapi juga pemerintah daerah serta penerima manfaat program CSR. Sementara itu, bagi jurnalis foto, karya dapat dikembangkan melalui pendekatan photo essay, dan untuk jurnalis televisi, kualitas pencahayaan dalam video menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Agenda sosialisasi AJP 2025 di teritori Sumbagteng ini juga turut dihadiri oleh Senior Officer Media Communication PT Pertamina (Persero), Bagja Mahendra.

Sosialisasi AJP 2025 di wilayah Teritori Sumbagteng dipimpin oleh PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai. Dalam kesempatan tersebut, Area Manager Communication, Relations & CSR PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit II Dumai Agustiawan menegaskan peran strategis media dalam mendukung pertumbuhan bisnis Pertamina.

“Peran media sangat penting bagi kami, khususnya dalam pemberitaan kinerja PT KPI RU II Dumai, baik unit operasi Kilang Dumai maupun Kilang Sungai Pakning. Kami berharap, AJP ini dapat menjadi wadah yang semakin memacu semangat rekan-rekan jurnalis menghadirkan karya jurnalistik yang berkualitas,” jelasnya.

Agustiawan menambahkan, pada ajang AJP 2024 lalu, tercatat sebanyak 218 karya jurnalistik dari wilayah Sumbagteng turut berkompetisi, dan beberapa di antaranya berhasil meraih penghargaan di tingkat nasional. “Semoga para peserta dari Teritori Sumbagteng bisa mengulang sejarah prestasi pada tahun-tahun sebelumnya, seperti tahun 2019-2020, salah seorang wartawan kita ada yang menjadi juara nasional dalam dua tahun berturut-turut,” pungkasnya.

Selain pemaparan ketentuan AJP 2025 dan tips meraih juara nasional, sosialisasi ini juga menghadirkan Mardans Whaisman, jurnalis TVRI Kalimantan Timur yang meraih predikat Best of the Best pada AJP 2024 dan memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan jurnalistik singkat di London, Inggris. Agenda kegiatan ini turut dilengkapi dengan overview proses bisnis dan program CSR berbagai Subholding Pertamina di teritori 2 mulai dari Pertamina Hulu Rokan, Pertamina Patra Niaga, Pertamina Gas Negara, juga Pertamina International Shipping, serta diskusi mengenai peran Pertamina dalam pengelolaan energi nasional dan komitmen transisi energi berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran AJP 2025, jurnalis dapat mengakses situs resmi: www.pertamina.com/id/ajp-home.

Pertamina sebagai perusahaan energi nasional berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 melalui program-program berkelanjutan yang berdampak nyata bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), sejalan dengan penerapan prinsip Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasinya.***(RPC) 

Terkini