Dihadiri Kapolres Rohul, Bupati H Sukiman Lantik 58 Kades Hasil Pilkades Serentak 2022

Rokan Hulu, RPC

Dihadiri Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, Bupati H Sukiman di dampingi Wakil Bupati (Wabup) H Indra Gunawan, resmi melantik dan mengambil sumpah Jabatan Kepala Desa Terpilih hasil Pilkades Serentak 2022 di Hall Islamic Center Rohul, Senin (13/2/2023).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu, Nomor: Kpts.100.3.3.2/DPMD-PEMDES/2/129 sampai 187/ 2023, tentang Pengesahan Pemberhentian Kepala Desa Dan Pengesahan Pemberhentian Pejabat Kepala Desa Serta Pengangkatan Kepala Desa Di Kapupaten Rokan Hulu Masa Bhakti 2023-2029.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Sukiman mengharapkan, Kades yang baru dilantik menjadi suri tauladan bagi Masyarakat yang dipimpinnya. "Jaga perilaku, ucapan dan tindakan selama memangku jabatan Kepala Desa," saran Bupati.

Lanjutnya, para Kades yang baru dilantik diharapkan mampu mempertanggung jawabkan‎ dana bantuan untuk Desa, baik itu Alokasi Dana Desa (ADD) atau Dana Desa (DD) yang digelontorkan pemerintah setiap tahunnya, mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan di lapangan.

“Pastikan 5ertib penggunaan keuangan, sehingga tidak timbul permasalahan yang diinginkan, dibelakang hari nanti,” sebutnya,

Orang Nomor Satu di Negeri Seribu Suluk ini, ‎ menyarankan agar setiap Kades harus memahami tugasnya dan bisa memanfaatkan bantuan pemerintah untuk membangun Desa kearah yang lebih baik, mulai perencanaan, pelaksanaan, Pengawasan dan pelaporan serta pertanggungjawaban.

“Bagi Kades yang baru, harus tertib administrasi sesuai aturan dan bagi Kades yang lama segala kekurangan diperbaiki,” pintanya.

Di tempat yang sama, kepada Awak Media Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH, menyampaikan rangkaian pelantikan sebanyak 58 Kepala Desa, dapat berjalan dengan aman, kondusif dan lancar.

"Kami berharap kepada Kepala Desa yang baru dilantik bisa sinergi dengan para Bhabinkantibmas, sebagai upaya menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Rohul," pungkasnya.

"Kami juga meminta kepada para Bhabinkantibmas yang desanya baru pelantikan Kepala Desa, segera lakukan silaturahmi serta susun program-program keamanan di tingkat desa," tutup Kapolres mengakhiri.

Terpantau hadir pada kegiatan ini, unsur Pimpinan DPRD Rohul, Forkopimda Rohul, Kepala OPD se-Kabupaten Rohul, para Kades yang dilantik, Insan Pers dan lainnya.***(EP)