Bupati Rohul Lantik Kades Mahato periode 2023-2029

Bupati Rohul Lantik Kades Mahato periode 2023-2029

Rokan Hulu, RPC

Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa Mahato masa jabatan 2023-2029 kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu, dilaksanakan Di Balai Pertemuan Kuala Mahato, Rabu (08/03/2023).

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Riau H. Saparudin Poti, SH, MM, Anggota DPRD Provinsi Riau H. Sari Antoni, SH, MM, Ketua TP PKK Rokan Hulu Hj. Peni Herawati Sukiman,  Asisten 2 Drs. Ibnu Ulya, S.Sos, M.Si, Kadis DPMPD Prasetyo, Ketua LAMR Rohul, Camat Tambusai Utara Mastur, KUA Tambusai Utara Tamrin S.Ag M.Sy, Kepala desa di Tambusai Utara dan Ratusan masyarakat Desa Mahato.

Bupati Rokan Hulu melantik secara langsung Firiadi Sebagai kepala Desa Mahato hasil dari pilkades serentak tahun 2022 yang diikuti 66 (enam puluh enam) desa yang dilaksanakan pada tanggal 8 desember 2022 lalu.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan kegiatan ini diingat dan dijadikan sebagai momentum sekaligus sebagai titik awal untuk menyelenggarakan pemerintahan desa, pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Sukiman, penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. dan Kepala Desa sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan Desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Rokan Hulu menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada kepala Desa mahato yang baru saja diambil sumpah dan dilantik. 

"Semoga saudara dapat menjalankan tugas dan amanah ini dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat, desa mahato khususnya" katanya.

Bupati Sukiman mengapresiasi panitia pemilihan kepala desa, panitia pengawas pilkades, BPD, calon Kepala Desa, tokoh masyarakat desa mahato, aparat keamanan, pemerintah kecamatan Tambusai Utara, perangkat daerah terkait, Pers dan semua pihak yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan penyelenggaraan pilkades serentak di kabupaten rokan hulu tahun 2022 yang lalu Sehingga dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

"Terpilihnya kembali saudara firiadi sebagai kepala desa, mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik. oleh karena itu, dalam menjalankan kepemimpinannya kepala desa dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovasi", ujarnya.

Sukiman menjelaskan sesuai dengan ketentuan maksimal 3 bulan setelah pelantikan kepala desa harus segera menyusun rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) untuk jangka waktu 5 (lima) tahun, ditetapkan dengan peraturan desa (Perdes), yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan program penyusunan, kemudian perancanaan pembangunan harus dilaksanakan secara partisipatif oleh pemerintahan desa yang melibatkan lembaga kemasyarakatan dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

"Saya berharap agar kades mahato selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati dan ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat di desanya".

Bupati Rohul itu berpesan terkait anggaran desa agar dapat dipergunakan sesuai aspirasi dan kebutuhan masyarakatnya agar terjalin hubungan yang baik antara kades dan masyarakat.

"Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa, sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat" pesan Sukiman.

Selain itu, Bupati Sukiman berharap seorang kepala desa harus rajin turun ke lapangan dan semua pelayanan program dan kegiatan tepat sasaran, diri nya juga mengingatkan senantiasa mengedepankan semangat dan prinsip kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja berkualitas.

"Jadikan desa Mahato ini minimal memiliki satu keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif yang bisa dibanggakan, lakukan gerakan inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, yang muara akhirnya tetap dan harus diarahkan pada upaya percepatan terwujudnya visi kabupaten Rokan Hulu 2021-2024" harapnya. 

Sementara itu, Kepala desa Mahato yang baru dilantik Firiadi berterima kasih kepada Bupati Yang sudah melantiknya dan InsyaAllah amanah yang diberikan masyarakat akan diemban dengan baik dan sungguh sungguh serta menjadikan desa Mahato Sebagai desa yang diperhitungkan dimasa yang akan datang.

Dan untuk masyarakat desa Mahato, Firiadi  berpesan agar selalu menjaga kekompakan, dan tidak ada lagi perbedaan seluruhnya masyarakat desa Mahato.***EP