Banjir Melanda Rokan Hulu, Pemerintah Respon Cepat Salurkan Bantuan Logistik

Banjir Melanda Rokan Hulu, Pemerintah Respon Cepat Salurkan Bantuan Logistik

Rokan Hulu, RPC

Pasca curah hujan yang tinggi di Kabupaten Rokan Hulu sejak tadi malam mengakibatkan terjadinya luapan air yang melimpah hingga ke permukiman warga di beberapa Kecamatan dan Desa di Rokan Hulu hingga saat ini, Selasa (21/3/2023).

Akibat dari luapan air yang melimpah hingga setinggi pinggang Pria Dewasa mengakibatkan terhambatnya akses jalan masyarakat melintasi Ibukota Rokan Hulu di Kota Pasir Pengaraian tepatnya di Simpang Supra Desa Babussalam dimana air meluap hingga ke Jalan Raya.

Ditempat berbeda tepatnya di Kecamatan Bangunan Purba luapan air juga menutupi akses jalan masyarakat hingga mengakibatkan jalan ambruk sehingga sama sekali tidak bisa lagi dilintasi oleh masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu melalui Dinas Sosial dan BPBD Rokan hulu segera tanggap darurat dengan menyalurkan bantuan Logistik kepada Masyarakat yang terkena Banjir serta mengerahkan taruna siaga bencana di beberapa titik lokasi banjir utk membantu dan memfasilitasi masyarakat ke Pemerintah serta Mengerahkan perahu karet ke desa pematang berangan utk distribusi pangan dari dapur umum masyarakat.

Sebelumnya juga telah dilakukan  Peninjauan ke beberapa titik lokasi banjir oleh kepala Dinas Sosial P3a Kabupaten Rohul Damri Poti beserta Sekretaris Dinsos P3a April Liyadi,SE,M Si dan Kepala bidang rehabilitasi dan perlindungan sosial H.Haris Nasution,S.Sos ke Desa babussalam, Desa Pematang Berangan Kec Rambah dan Desa Bangun Purba Barat Kec Bangun Purba.

Melihat situasi yang terjadi yang mengakibatkan banyak nya warga yang mengungsi akibat Banjir ini, Pemerintah segera menyalurkan bantuan bahan logistik pangan ke 3 titik lokasi banjir yaitu di Dusun tulang gajah, Dusun Tanjung Harapan, Bangun Purba Timur Jaya serta Bangun Purba Barat.

Kepala Dinas Sosial Damri Poti Melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Sosial H.Haris Nasution,S.Sos menyampaikan Bagi Desa ataupun Dusun lainnya yang belum mendapatkan bantuan bisa langsung berkoordinasi ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) untuk segera agar terkoordinasi dan segera mendapatkan bantuan logistik.

Selain dari pada itu juga telah dipersiapkan kendaraan Mobil untuk Dapur umum.***Eap