Ragam Komentar Positif Terkait Program PJU Dishub Kota Dumai Dan Tanggapan Said Effendi Selaku Kadis

Ragam Komentar Positif Terkait Program PJU Dishub Kota Dumai Dan Tanggapan Said Effendi Selaku Kadis
Kadishub Said Effendi, SE bersama Wallkota Dumai Paisal, SKM MARS

Kota Dumai, (Riauperistiwa.co.id) - Program Penerangan Jalan Umum (PJU) pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai mendapat apresiasi positif dari berbagai kalangan. Terutama masyarakat sekitar pemasangan lampu PJU, karena asas manfaat berdampak langsung terhadap lingkungan dan pemukiman mereka.

Selain masyarakat sekitar sebagai penerima dampak positif akibat pemasangan lampu PJU, warga lain sebagai pengguna akses jalan tentu mendapati hal yang sama. Sebagai contoh  jalanan sekitar pemukiman dan sarana umum tersebut menjadi terang - benderang dan bercahaya.

Satu hal tidak terpungkiri jika Jalan-Jalan pada kawasan pemukiman terang-benderang, warga sekitar atau pengguna aksesnya pasti merasa lebih nyaman. Rasa was-was selama ini pasti berkurang saat melintas di Jalanan tersebut, keselamatan dan keamanan terasa lebih terjamin.

Program Dishub Kota Dumai dalam memprioritaskan pemasangan PJU pada Jalan-Jalan umum atau Jalan-Jalan pemukiman. Apresiasi masyarakat sebagaimana uraian diatas bukan isapan jempol atau pepesan kosong semata.

Hal tersebut sebagaimana diutarakan warga pemukim di beberapa ruas Jalan di Kelurahan Jayamukti. Kepada awak media beberapa waktu lalu mereka sampaikan dan berikut rangkuman disajikan sebagaimana uraian dibawah :

"Alhamdulilah sejak dipasang lampu PJU, Jalan menjadi terang-benderang begitupula dengan pekarangan rumah, jika ada kegiatan/hajatan menjadi lebih nyaman terutama untuk parkir kendaraan, pun dari segi keamanan menjadi lebih terjamin sebab sebelum ada PJU terasa gelap dan suram sehingga dikhawatirkan terjadi hal-hal tidak di inginkan meski sebelumnya tidak pernah ada dan jangan sampai terjadi, namun sejak adanya lampu PJU terasa lebih aman dan nyaman". ungkap wanita paruh baya/emak-emak yang rumahnya berada di pinggiran Jalan Teladan.

Sedangkan warga lain yang juga level emak-emak dan tetangga dari wanita sebelumnya kepada awak media berkata senada. "Banyak manfaat keberadaan lampu PJU, terutama kawasan atau lingkungan sekitar menjadi lebih aman, dan beraktivitas tidak merasa was-was, karena jika kawasan sekitar gelap atau suram bisa saja ada binatang berbisa atau rawan terjadi kecelakaan". ujarnya berkomentar seraya nyambi berbelanja kebutuhan harian disalah satu warung sekitaran.

Lain kesempatan warga bernama Syaipul, akrab disapa Ajo Pul juga berterima kasih kepada pihak Dishub atas pemasangan lampu PJU. "Pemasangan lampu PJU sudah lama dinantikan warga sekitaran sini (Jalan Teladan) karena selama ini ada beberapa titik Jalan jika malam hari minim pencahayaan, pun jika ada lampu swadaya atas inisiatif warga pencahayaan tidak maksimal mungkin karena kualitas kurang bagus dan tidak memadai, karenanya atas pemasangan lampu PJU oleh Dishub secara pribadi dan mewakili masyarakat lain saya mengucapkan terima kasih". sebagaimana penyampaiannya kepada awak media pada hari yang sama namun di lokasi berbeda.

Sedangkan warga lain yang kerap melintas sebagai penguna akses Jalan Teladan juga merasa senang. "Saya kerap pulang malam hari melewati Jalan Teladan, sebelum dipasangi lampu PJU harus ekstra hati-hati dan sedikit pelan karena ada beberapa titik pada ruas Jalan terjadi kerusakan, namun setelah terpasang lampu PJU bisa merasa santai karena dari jauh Jalanan rusak tadi terlihat jelas dan bisa sesegera menghindar jika dilalui". sebut Sondang warga Tanjung Palas yang mengaku kerap melintas malam hari sepulang dari lokasi pekerjaan.

Sedangkan Hendri warga Jalan Kesuma yang juga baru dipasangi lampu PJU merasakan hal sama. "Jalan Kesuma jika tengah malam saat belum terpasang lampu PJU agak temaram dan terasa redup karena hanya mengandalkan lampu dari ruko, kedai atau rumah warga, sedangkan pengendara jika melintas pada malam hari rata-rata memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tentu saja karena kondisi Jalanan yang bagus dan lebar, namun minim pencahayaan dan berpotensi terjadi kecelakaan, dengan adanya lampu PJU hal tersebut diharapkan menjadi berkurang". ungkap salah satu pemilik usaha di Jalan Kesuma.

Terakhir warga berprofesi sebagai pedagang di Pasar Jayamukti, dengan adanya lampu PJU di Jalan Teladan dan Jalan Kesuma merasakan sekali dampak positif. Sangat-sangat berterima kasih karena banyak sekali asas manfaat dengan terpasangnya lampu PJU. "Karena selama ini saat Subuh dinihari sudah tentu suasana gelap-gulita,  namun karena tuntutan profesi sebagai pedagang meski Subuh dan dinihari aktivitas harus dilakukan, dengan melintasi kedua Jalan tersebut bermula dari kediaman sekitar Pasar Jayamukti bergerak ke Pasar Bundaran (Bongkaran) untuk berbelanja dagangan dan rute dilalui yaitu Jalan Kesuma dan Jalan Teladan, rutin dilakukan saban hari". ungkap pedagang yang mengaku bernama Budi.

Selanjutnya ia berkata "Sebelum ada lampu PJU pada kedua Jalan tersebut saat Subuh terasa gelap-gulita ada rasa was-was dan takut saat melintas, namun sekarang terang-benderang dan perasaan yang ada sebelumnya hilang berkat adanya lampu PJU yang sudah terpasang, sangat bermanfaat sekali terutama bagi para pedagang seperti saya". pungkasnya.

Itulah beberapa komentar warga yang sempat awak media temui terkait pemasangan lampu PJU oleh Dishub Kota Dumai. Jika ada lagi warga lain diwawancara terkait hal yang sama niscaya komentarnya tidak jauh beda dengan ungkapan warga diatas. Karena manfaat langsung terasa oleh semua penguna Jalan yang melintas dan berlalu-lalang disana (Kedua Jalan tersebut).

Banyaknya apresiasi positif dari warga atas kinerja Dishub berkenaan program lampu PJU, awak media menghubungi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Dumai Said Effendi, SE pada Jumat sore (09/06) sekira Pukul 17.00 Wib melalui pesan WhatsAap dan berikut tanggapan diberikan.

Terima kasih atas apresiasi dari kinerja kita (Dishub) terkait program PJU, sebenarnya bukan itu tujuannya, karena sudah menjadi kewajiban dan tanggungjawab kepada masyarakat sebagai bentuk dari amanah itu sendiri.

"Terima kasih jika kinerja kita sangat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat dan memang itu tujuan utama, Alhamdulillah apa yang dikerjakan sangat bermanfaat sekali, dan idealnya selaras dengan Visi Misi Walikota kita Bapak Paisal SKM., MARS yaitu program Khidmat Penerangan", tulis sosok akrab disapa Said.

Terangnya lagi "Yang telah dikerjakan baru sebahagian kecil dari pencanangan, target ke depan berharap seluruh Jalan-Jalan di Kota Dumai terpasang lampu PJU dan akan diupayakan sampai pada kawasan-kawasan pelosok atau ke Pedesaan mencakup keseluruhan Wilayah pada Kota Dumai".

Katanya menambahkan "Semua itu bisa terealisasi tentu tidak terlepas dari anggaran dan kita berupaya mewujudkan sesegera mungkin agar masyarakat saat berlalu lintas dan beraktivitas pada malam hari terasa nyaman, aman dan tenteram, lampu PJU menjadi program kerja prioritas oleh Dishub sesuai arahan Bapak Walikota". tutupnya melalui pesan WhatsAap.***(LPC)