Kegiatan Pembukaan TMMD Ke 117 Dilaksanakan Di SMA Negeri 4 Kecamatan Sei Sembilan

Kegiatan Pembukaan TMMD Ke 117 Dilaksanakan Di SMA Negeri 4 Kecamatan Sei Sembilan

Kota Dumai, RPC

Kegiatan seremonial pembukaan giat TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 dilaksanakan di Lapangan SMA Negeri 4 (Kelas Jauh) Jalan Alur Gajah Kelurahan Sei Geniot Kecamatan Sungai Sembilan, (12/7).

Acara pembukaan tersebut dihadiri Walikota Dumai, H. Paisal SKm Mars, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah, H. Indra Gunawan, Ketua DPRD Kota Dumai, Kasrem 031/WB Letkol inf Ahmad Daeng Leo, anggota Forkopimda Dumai, Komandan Satgas TMMD Dandim 0320/Dumai Letkol inf Antony Tri Wibowo, dan para Pasi di jajaran Kodim 0320/Dumai. Selain itu, Camat Sungai Sembilan dan Lurah se-Kecamatan Sungai Sembilan juga turut hadir dalam kesempatan ini.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah yang menjadi Inspektur Upacara menyampaikan bahwa TMMD adalah program terpadu antara TNI dan Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui TMMD, diharapkan terjalin kekompakan dan sinergitas antara TNI dan masyarakat.

Ia juga menekankan bahwa kehadiran Program TMMD bukan hanya sekadar membangun infrastruktur fisik, tetapi yang lebih penting adalah membangun semangat gotong royong dan meningkatkan kepedulian sosial.

"Kegiatan TMMD ke-117 ini merupakan bukti nyata bahwa TNI dan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk memajukan daerah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Diharapkan program TMMD ini dapat terus dilaksanakan dan berkembang secara dinamis serta berkesinambungan untuk masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Dumai," Ujar indra.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat secara nyata dan dilaksanakan dengan penuh keikhlasan serta semangat untuk masyarakat.

Selain itu, TMMD sendiri bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar mereka dapat mandiri dalam mengatasi masalah perekonomian. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama dan gotong royong dari semua unsur yang terlibat, seperti TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan masyarakat.

Sekretaris Daerah juga menghimbau agar semua pihak menjaga kebersamaan, keharmonisan, dan kemanunggalan dalam pelaksanaan program ini.

"Dengan tema "Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat," diharapkan program TMMD ke-117 dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Semua pihak yang terlibat diharapkan dapat bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan seluruh sasaran yang telah ditetapkan," Jelasnya.

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan naskah kegiatan pelaksanaan TMMD ke-117 TA. 2023 antara pihak Kodim 0320/Dumai dengan Pemerintah Kota Dumai. Penandatanganan ini menjadi simbol komitmen dari kedua belah pihak untuk melaksanakan kegiatan TMMD dengan baik.

Selama acara pembukaan TMMD ke-117, juga dilakukan penyerahan sembako kepada masyarakat kurang mampu, rombongan juga meninjau beberapa tempat sasaran kegiatan TMMD dan posko pasukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan TMMD dapat berjalan dengan lancar dan efektif.***