Pinjam Pakai Jalan Abdul Rab Khan Disetujui Kemenkeu, Simak Rencana Wali Kota Dumai Selanjutnya

Pinjam Pakai Jalan Abdul Rab Khan Disetujui Kemenkeu, Simak Rencana Wali Kota Dumai Selanjutnya
Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM., MARS.

Kota Dumai, RPC.

Warga Dumai sekitarnya, terlebih yang bermastautin berdekatan Jalan Abdul Rab Khan yang terletak di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai pantas dan selayaknya memberi apresiasi kepada Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM., MARS.

Apresiasi diberi karena permohonan pinjam pakai Barang Milik Negara (BMN) berupa Tanah pada KKKS PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) kepada Pemerintah Kota (Pemko) Dumai. Disetujui Kementerian Keuangan pada masa pemerintahan sosok Patahana yang pernah menjabat sebagai Direktur RSUD dan Kadis Kesehatan Kota Dumai itu.

Tampilan Surat Kemenkeu terkait Pinjam pakai Tanah Jalan Abdul Rab Khan.

Objek Tanah disetujui pinjam pakai untuk masa 5 (lima) tahun terhitung November 2023 s.d. Oktober 2028 dan dapat diperpanjang, tercatat sebagai Road from Batang to Dumai atau dikenal sebagai Jalan Abdul Rab Khan. Persetujuan Kemenkeu untuk Jalan yang terletak di Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai sebesar 9.720 m2 atau dengan rincian panjang 1.620 meter dan lebar 6 meter.

Bukan rahasia lagi bahwa warga sekitaran Jalan Abdul Rab Khan puluhan Tahun mendambakan akses Jalan memadai namun selama ini terkendala status tanah. Pemko Dumai tidak bisa berbuat apa-apa karena Dana APBD Kota Dumai tidak bisa dikucurkan untuk perbaikan karena terhalang regulasi.

Setelah disetujui pinjam pakai maka Pemko Dumai bisa merealisasikan keinginan warga mendapatkan Jalan bagus dan layak. Hal itulah menjadi dasar pemikiran bahwa warga sekitar Jalan Abdul Rab Khan pantas bersyukur dan layak mengapresiasi kinerja Pemko Dumai dibawah Pimpinan H. Paisal, SKM,. MARS.

Terkait disetujuinya pinjam pakai ruas Jalan Abdul Rab Khan, kelanjutannya seperti apa, yok! kita hubungi Wali Kota Dumai Paisal, SKM., MARS dan berikut tanggapannya

Berencana secepatnya meningkatkan fungsi Jalan dengan melakukan perbaikan agar Jalan yang selama ini rusak menjadi bagus. Tujuannya agar masyarakat mendapat kenyamanan dalam beraktivitas dikawasan berdekatan. Karena selama ini diketahui kondisinya sangat memprihatinkan dan berbahaya bagi warga yang berkendara.

"Selama ini masyarakat sekitar Jalan Abdul Rab Khan menderita karena kondisi Jalan sangat buruk, dengan telah disetujuinya pinjam pakai maka kita (Pemko) sesegera mungkin melakukan pembenahan, tujuannya agar masyarakat yang telah lama mendambakan Jalan bagus dan layak segera terkabulkan". sampai Wali Kota menjawab pertanyaan penulis melalui panggilan telepon seluler (HP).

Lanjutnya "Akses Jalan bagus sangat penting bagi masyarakat dalam melakukan aktivitas harian karena itu usaha pinjam pakai menjadi skala prioritas dan Alhamdulillah telah terwujud dan secepatnya Jalan Abdul Rab Khan dibenahi sesuai rencana dan peruntukannya". pungkas Paisal, SKM., MARS Kamis, (30/11/2023).

Disetujuinya pinjam pakai Jalan Abdul Rab Khan sehingga Pemko bisa meningkatkan fungsi sesuai peruntukan mendapat apresiasi warga setempat. Terlebih rencana Wali Kota akan merealisasikan dengan secepatnya.

"Menyambut baik niat Wali Kota untuk sesegera mungkin memperbaiki Jalan ini (Abdul Rab Khan) karena selama ini  kondisinya rusak parah terlebih jika musim penghujan, Ajab Bang, dan jika benar segera di perbaiki saya pribadi senang dan berterima kasih sekali kepada pak Wali Kota Paisal". sebut warga yang juga rekan karena awak media sudah kenal lama.

Rekan itu juga menyampaikan "Kalau bisa akses Jalan diperbaiki sampai pada lintasan menuju Jalan arah Bumi Ayu (Bukit Cahaya), karena selama kita selalu berputar kearah Komplek Perumahan Pertamina kalau menuju ke Kota, kalau Jalan sudah bagus kan bisa langsung tanpa harus berputar jauh". sebutnya berharap.

Dengan penyampaian Wali Kota dan disetujuinya perjanjian pinjam pakai sepertinya harapan warga yang juga rekan penulis hanya menunggu waktu. Karena komitmen Wali Kota Dumai Paisal, SKM., MARS membangun Dumai bukan isapan jempol semata.

Hampir di merata pelosok pembangunan sarana dan prasarana publik seperti Jalan, Drainase, Bangunan Sekolah, Jembatan dan lainnya dilakukan. Beberapa ruas Jalan Protokol, Jalan Perkotaan dan Jalan di Kawasan Pemukiman gencar dilakukan perbaikan.

Bahkan Bangunan Monumental, sekelas Dumai Islamic Center, Masjid Agung Habiburahman telah berdiri megah dan indahnya. Bahkan kini menjelma menjadi Icon Wisata Religi di Kota "Idaman". Bukan hanya dikunjungi oleh warga sekitar tetapi warga Kabupaten tetangga. Saban hari Bus-Bus Pariwisata dan kendaraan pribadi memadati areal parkir sekitaran DIC. Mereka mengagumi megahnya Masjid tersebut seraya mengambil moment berswaphoto bersama rombongan dan keluarga.***(RPC)