Petugas DLH Bersihkan Sampah Dan Puing Rumah Warga Akibat Musibah Kebakaran

"Terima Kasih Pak Wako Dan Jajaran Atas Kepeduliannya" : Keluarga Korban Kebakaran

Petugas/pekerja dari DLH mengangkat sampah keatas mobil untuk dibuang ke TPA

Kota Dumai, (Riau) LPC.

Petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai pada Sabtu, (09/03/2024) melakukan pembersihan rumah warga terkena musibah kebakaran di Jalan Bintan. Terlihat sekitar 5 pekerja membersihkan sampah serta puing berserakan akibat lalapan si jago merah.

Sampah-sampah tersebut diangkat ke atas mobil Dump Truck untuk kemudian dibuang ke tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA). Pengamatan awak media di lapangan sekitar 3 trip mobil Dump tersebut mengangkat dan membuang sampah ke Pembuangan Akhir.  

Petugas DLH sedang membersihkan sampah eks kebakaran.

Terkait aksi pekerja DLH berjibaku membersihkan rumah eks kebakaran awak media menghubungi Kepala Dinas melalui pesan WhatsAap. Beliau membenarkan dan menyatakan atas perintah Walikota.

"Iya Bang tadi kita instruksikan kepada staf untuk membersihkan sampah di rumah warga yang tertimpa kebakaran di Jalan Bintan beberapa waktu lalu, dan pembersihan dilakukan sampai tuntas". tulis Agus Gunawan.

Tumpukan sampah dan puing eks kebakaran rumah warga di Jl Bintan.

Mantan Camat Bukit Kapur itu menambahkan bahwa instruksi pak Wali disegerakan karena akan memasuki Bulan Ramadhan, agar ada kenyamanan bagi warga yang terkena musibah.

"Pembersihan rumah warga itu digesa untuk dibersihkan agar dalam menjalani Ibadah Puasa beberapa hari lagi menjadi nyaman, karena tumpukan sampah sudah dibuang juga untuk mengantisipasi jika ada renovasi dilakukan". pungkas Agus sapaan akrabnya.  

Terlihat bersih setelah petugas DLH bekerja mengangkut sampahnya ke TPA.

Pihak korban musibah kebakaran sangat berterima kasih atas kegiatan pembersihan rumahnya oleh Pemko Dumai melalui Dinas LH sebagaimana disampaikan anak pemilik rumah.

"Sangat berterima kasih kepada pak Walikota dan jajaran yang telah membersihkan sampah dan puing dari rumah kami, karena jika tidak ada bantuan itu tidak tahu harus bagaimana membersihkan dan membuang sampahnya". ungkap In Ocu sapaan akrabnya.

"Karena selain sampahnya banyak dan tempat pembuangannya juga jauh belum lagi armada untuk pengangkutan, karena itu sekali lagi saya mewakili keluarga sangat-sangat berterima kasih kepada Pak Wali dan Jajaran atas bantuan". ujarnya disela-sela waktu pembersihan.
   
Diketahui sebelumnya bahwa terjadi kebakaran beberapa Minggu lalu atau tepatnya Jumat, (22/02/2024). Kejadiannya sekira Pukul 13:30 Wib atau sesaat selesai Sholat Jumat, dan beberapa saat api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Pemko. Namun akibat kejadian sebuah rumah bulatan habis dilahap api dan kerugian ditaksir mencapai ratusan Juta.***(RPC)