Kedatangan Menhub RI Budi Karya Sumadi Disambut Bupati H Sukiman dan Forkopimda Rohul di Bandara Tuanku Tambusai

Kedatangan Menhub RI Budi Karya Sumadi Disambut Bupati H Sukiman dan Forkopimda Rohul di Bandara Tuanku Tambusai

Rokan Hulu, RPC

Kunjungan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Dr. (HC) Ir.Budi Karya Sumadi menyampaikan pujian pada kunjungannya di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, (RoHul), Sabtu (4/5/2024).

Dalam Kunjungan Menhub RI Budi Karya Sumadi didampingi Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni, S.H. M.H mantan Menko Perekonomian Darmin Nasution, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa Karo SDM Wisman Reno dan Ibu Sarah.

Kegiatan, Kunker Menhub RI Budi Karya Sumadi dengan rombongan di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah Samo, dengan naik pesawat jet langsung disambut luar biasa oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman bersama Forkopimda ditandai dengan pengalungan bunga dengan tari tepak sirih.

Sambutan ini dihadiri  Bupati Sukiman Kapolres RoHul  ,AKBP Budi Setiyono, S.I.K, M.H Dandim 0313 KPR Letkol Inf. Setiawan Hadi Nugroho, S.H., M.I.P., Ketua Pengadilan Negeri Rony Suata,S.H, M.H, Kepala Bandara UPBU Pasir Pengaraian Tri Yuwono Prasetyo dan mewakili Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian.

Tampak hadir juga Pabung Mayor Inf. Andri, S. Sos, Waka Polres Kompol Rahmad Hidayat  SIK, para Asisten, Staf Ahli serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Rokan Hulu.

Hal ini  kedatangan  Kunjungan yang pertama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian bersama rombongan juga disambut hangat dengan di suguhkannya penyambutan dengan tarian persembahan dan tari tepak sirih yang biasa penyambutan tamu di Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk ini.

Diutarakannya "Saya berkunjung dan melihat langsung Bandara Tuanku Tambusai ini sangat baik, bagus dan cantik. Dan sekarang ini ada penerbangan ke Batam seminggu dua kali," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada awak media.

Lanjutnya memang ada salah satu hal yang perlu diselesaikan di Bandara Tuanku Tambusai tentang penyerahan asetnya dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, dari Kemenhub sendiri sudah diterima pengajuannya, dan hal ini sudah kami bicarakan dengan Bupati Rokan Hulu dengan Forkompinda, agar berkoordinasi untuk segera pengajuan penyerahan asetnya agar segera terwujud.

Selanjutnya "Kalau aset nya nanti sudah diserahkan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, sehingga perawatan bandara ini lebih baik lagi dan pengembangan rute penerbangannya dikembangkan lagi", jelas Budi Karya Sumadi.S

Senada, Menhub RI juga mendorong Bandara Tuanku Tambusai untuk dikembangkan pelayanan masyarakat, selain saat ini rute penerbangan dua kali seminggu ke Batam, namun pengembangannya ke Medan Sumatera Utara dan rute daerah lainnya yang ada bandara

Disebutkan"Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu ini perlu dimaksimalkan pengembangan rute penerbangannya ke Medan dan bandara lainnya, sehingga lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan perjalanan antara Kabupaten, Kota yang sudah ada bandarnya," ujarnya.

Selain itu  Forkopimda dan Bupati Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih banyak dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Menteri Perhubungan RI Bapak Budi Karya Sumadi bersama rombongan yang sudah datang melihat langsung Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu.

Bupati RoHul H.Sukiman menjelaskan Terkait dengan aset Bandara Tuanku Tambusai yang sudah Pemkab Rokan Hulu ajukan ke Kemenhub RI, namun masih belum ada penyerahannya, karena masih ada kementrian untuk dilakukan koordinasi pengajuan, sesuai yang disampaikan Bapak Menhub hari ini, secepatnya dilakukan pengujian dan koordinasi ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Seharusnya "Hal ini segera kita tindaklanjuti sesuai yang sudah disampaikan Bapak Menhub, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga nantinya penyerahan aset segera dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat kepada kita Pemkab Rohul," harapnya.

Untuk pengembangan rute dan pelayanan  penerbangan sambung Bupati Sukiman, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan melalui Bandara Tuanku Tambusai, Pemkab Rokan Hulu sudah melakukan komunikasi koordinasi ke Padang Lawas Medan dan bandara lainnya di Sumatera.

Diharapkan, kedepan ini aset kita sudah diterima dan tidak hanya dari Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian- Batam rute penerbangannya, namun ada juga ke Medan Bandara Kualanamu, Padang Lawas dan bandara lainnya, sehingga masyarakat yang bepergian ke luar Daerah Rokan Hulu dapat terlayani dengan maksimal dan baik." imbuhnya,akhiri.***EP