470 JCH, Bupati Rohul H Sukiman Resmi Buka Kegiatan Manasik

470 JCH, Bupati Rohul H Sukiman Resmi Buka Kegiatan Manasik

Rokan Hulu, RPC

Sebanyak 470 Jamaah Calon Haji (JCH) kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan kegiatan Manasik Haji di Masjid Agung Islamic Center (MAIC).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Rohul H Sukiman yang di wakili Asisten I H Fhatanalia Putra SSos MSi (Senin, 06/5/2024) dan dilakukan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 6 hingga 8 
Mei 2024.

JCH yang akan berangkat terbagi dalam 2 (dua) kloter yakni kloter 8 dan kloter 13 dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 18 Mei dan 24 Mei 2024.

Kepala Kemenag Rohul saat menjelang dimulainya kegiatan manasik menyebutkan bahwa dari 470 JCH Rohul terdiri dari 238 Jamaah Perempuan 
dan 232 Jamaah laki - laki. Dan dari 470 JCH ini dibagi jadwal keberangkatannya dalam dua kloter yaitu 
Kloter 8 dengan jumlah JCJ sebanyak 444 orang dan kloter 13 sebanyak 26 JCH.

Sejauh ini segala persiapan bagi JCH Rohul telah dipersiapkan dengan baik mulai dari Paspor hingga Buku Panduan Ibadah Haji. Sebelumnya juga telah dilakukan Manasik tingkat Kecamatan di masing - masing kecamatan.

Sementara itu, Bupati Rohul yang diwakili Asisten I berpesan kepada para JCH dimana untuk dapat 
menjaga kesehatan dengan baik dan sesampainya di Makkah JCH dapat melaksanakan Ibadah 
dengan fokus supaya hasil dari penantian yang panjang tidak sia - sia. Semoga nanti menjadi Haji yang 
Mabrur dan selama di sana agar dapat menjaga nama baik daerah, pean Asisten I.

Asisten I juga menyebutkan, untuk keberangkatan JCH tahun 2024 ini segala biaya Domestik ditanggung oleh Pemerintah Daerah dan para JCH hanya tinggal diberangkatkan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Untuk keberangkatan JCH tahun ini memang berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya dimana para JCH saat berangkat akan di istirahatkan sejenak di Embarkasi Antara namun untuk tahun ini Embarkasi Antara dan sudah tidak lagi digunakan melainkan para JCH langsung dari Rohul diberangkatkan ke Batam dan istirahat sehari di Embarkasi Batam agar seluruh JCH bisa fokus maka. Segala biaya Domestik semuanya ditanggung oleh Pemerintah Daerah", ujar Asisten I

Usai dibuka secara resmi, kegiatan Manasik Haji tingkat kabupaten Rohul dilanjutkan dengan kegiatan lain seperti Pembekalan dan akan dilanjutkan kegiatan lainnya hingga hari Rabu (8 Mei 2024). (Kominfo/***EP)