Nasdem Dan Demokrat Berbalas Kunjung

Nasdem Dan Demokrat Berbalas Kunjung
Serah terima berkas pendaftaran oleh pengurus Nasdem kepada Ketua Demokrat Dumai, Cahyo.

Kota Dumai, (Riau) RPC.

Tepati janji mengembalikan berkas pada hari ini (Kamis, 09/05/2024) pengurus Nasdem Dumai sambangi Sekretariat DPD Demokrat tepat pada Pukul 13:30 Wib. Tidak ingin kalah dengan apa yang telah dilakukan partai Demokrat tempo hari saat pengambilan dan pengembalian berkas dengan personel ramai. Maka Nasdem sepertinya melakukan hal sama bahkan rombongan kali ini lebih banyak dari yang diperkirakan.

Perwakilan Nasdem kali ini terlihat, Ketua Tim Penjaringan Balon Wako dan Wawako Iri Yansah, Sekretaris H. Abdul Gafar, Sutrisno, Agus Miswandi, Sudiran, Jailani, Syafrizal, Dwi Warsono serta beberapa pengurus lain. Kedatangan rombongan Nasdem disambut puluhan pengurus teras Demokrat dan kata sambutan disampaikan Hariyadi Suparlan (Sekretaris).

Suasana pertemuan antara pengurus DPD Nasdem dan DPC Demokrat.

"Puji syukur kehadirat Allah SWT serta sholawat dan salam untuk Nabi besar Muhammad SAW, terima kasih kedatangan saudara-saudara dari Nasdem dan jika sebelumnya Demokrat berkunjung ke Nasdem berkisar Delapan orang dan kami mengira jumlah yang banyak ternyata rombongan Nasdem lebih besar lagi dan hal itu sangat kami apresiasi". sambut Hariyadi didampingi beberapa pengurus inti dan dua Anggota DPRD tahun 2024, Ediswan dan Idris.

Cahyo melanjutkan "Kami (DPC Demokrat) mengapresiasi kedatangan rekan-rekan Nasdem, dan ini bagian tindaklanjut dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, sedari awal saya sampaikan lagi bahwa berdasarkan keputusan internal Demokrat kami berkeinginan di posisi Wakil semoga apa yang kami inginkan dapat diterima dengan baik". ujarnya menjelaskan posisi partainya pada Pilkada serentak 2024.

Pengurus Nasdem mengunjungi Sekretariat Demokrat Dumai.

Menindaklanjuti ucapan Cahyo, Hariyadi menambahkan "Bahwa kami dari Demokrat tidak ada tedeng aling-aling artinya buka-bukaan dan tidak ada dirahasiakan, kedatangan ke Nasdem hanya untuk maju bersama dan silahkan dikutip oleh media-media dan sekali lagi menegaskan apa yang disampaikan Ketua Cahyo, Demokrat hanya pada posisi Wakil tidak Walikota alasannya hanya satu bahwa kami mengapresiasi kinerja dari Pak Paisal selaku Walikota".  

"Awal-awalnya kami sempat mengkritisi kebijakan dibuat oleh Pak Paisal termasuk Ketua DPC (Cahyo) namun seiring berjalan waktu mengakui kinerja Pak Paisal sangat luar biasa oleh karena itu Demokrat siap membantu dan ingin bersama partai Nasdem pada Pemilukada mendatang". pungkasnya.

Pengurus Nasdem dan Demokrat berkumpul.

Sutrisno mewakili Nasdem mengutarakan bahwa kedatangan ini seperti disampaikan sebelumnya untuk mengembalikan berkas, bersilaturahmi dan juga berdialog.

"Mohon maaf Ketua kami (H. Paisal) berhalangan hadir karena ada tugas luar dan beliau kirim salam untuk sahabat-sahabat Demokrat, selanjutnya saya sampaikan bahwa untuk penjaringan tahun ini selesai, ada 10 nama yang mengambil berkas dan semuanya untuk posisi Wakil Walikota". sampai Sutrisno.

Melanjutkan, Hariyadi berujar "Perlu diketahui untuk Pilkada kali ini di partai Demokrat ada yang unik, kami buat terbuka tetapi tertutup anehkan?, artinya Demokrat hanya mengusung Ketua Cahyo pada posisi Wakil dan Walikotanya pak H. Paisal, ada beberapa partai meminta kami untuk mendaftar namun tetap pada pendirian dan keputusan awal yaitu mengusung H. Paisal dan Ketua Cahyo terpulang apapun hasilnya nanti".  

"Plasback kebelakang, jadi dari awal tidak ada gesekan bahkan mungkin tidak ada yang tahu bahwa saya pernah dibawa pak Wali ke Bengkalis sehingga ada sinyal untuk itu maka kita merawat dan cuba merapat ke Nasdem, mudah mudahan bisa bersama". sambut Cahyo meneruskan perkataan Hariyadi.

Penutup kata Hariyadi menyampaikan "Sebelum kesini (Sekretaris Demokrat) Pakde Parto kirim salam untuk semua teman-teman dari Nasdem, perlu juga saya sampaikan bahwa antara Ketua Cahyo dan Pak Paisal secara komunikasi cukup intens dan bagus namun semua tetap pada keputusan DPP namun upaya apapun harus kita lakukan, kita tetap berusaha dan kita bersama-sama mewujudkan".

Perlu diketahui dari dialog yang terjadi bahwa secara pribadi pengurus-pengurus Nasdem sangat respek terhadap Ketua Cahyo. Terlebih Ketua DPC Demokrat itu mewakili etnis Jawa yang yang selama ini juga dalam bidikan (Radar) partai Nasdem, apapun hasilnya harus menang.

Terungkap juga bahwa kunjungan ini hampir melibatkan semua pengurus teras DPD Nasdem Dumai atas perintah H. Paisal selaku Ketua, dan berpesan agar dilakukan sebaik mungkin. Sebagaimana disampaikan Moh Isa mengulang pesan H. Paisal selaku Ketuanya.

Jika melihat komposisi personel  kedua partai yang turut hadir saat pengembalian formulir sangat luar biasa. Karena hampir keseluruhan sosok-sosok penting di masing-masing partai (Nasdem dan Demokrat) turut hadir. Timbul pertanyaan apakah sebuah pertanda dan sinyal terbentuknya koalisi pada Pemilukada 2024.

Pertanyaan yang pasti akan mengemuka dan tentunya jawaban itu di tunggu banyak orang pula. Namun pastinya tidak muncul dalam waktu berdekatan karena ada tahapan dan proses lain mesti dilalui terlebih dahulu.

Apalagi jika menyangkut politik, bisa saja yang terjadi hanya gimik bahkan intrik karena ada kepentingan disitu. Dalam politik ada pepatah lawas berbunyi "Tidak ada makan siang gratis" artinya ada kepentingan melatarbelakangi. Politik itu dinamis dan selalu bergerak tanpa bisa diprediksi hari ini kawan esoknya bisa menjelma menjadi lawan.

Kembali kepada saling berkunjung antara Nasdem dan Demokrat, telah diberitakan sebelumnya oleh media ini. Hal itu dilakukan dalam rangka pengambilan dan pemulangan formulir pendaftaran Balon Wako dan Wawako Dumai dalam menghadapi Pemilukada mendatang.***(RPC)