Meminimalisir Potensi Penyimpangan dan Sesuai Perencanaan

Kegiatan PSD Dinas PU Kota Dumai Didampingi Pihak Kejaksaan, BPKP, BPK Serta Inspektorat

Kegiatan PSD Dinas PU Kota Dumai Didampingi Pihak Kejaksaan, BPKP, BPK Serta Inspektorat
Kadis PU Kota Dumai, Riau Satrya Alamsyah ST., MT.

Kota Dumai, (Riau) RPC

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Dumai terus berupaya membangun sarana dan prasarana umum seperti Jalan dan Drainase. Pembangunan tersebut bertujuan agar masyarakat Kota Dumai mendapat fasilitas layak dan memadai.

Dalam melaksanakan kegiatan agar pekerjaan sesuai perencanaan Dinas PU meminta pendampingan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Dumai. Kegiatan PAM PSD (Proyek Strategis Daerah) bersama Dinas PU diharapkan pekerjaan tersebut dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya.

"Pendampingan oleh pihak Kejari Dumai untuk mencegah terjadinya penyimpangan selama proses PSD berlangsung, jika ada potensi pelanggaran baik administrasi maupun teknis Tim PAM PSD segera memberikan saran serta pertimbangan-pertimbangan hukum agar on the track (kembali kepada perencanaan)". sampai Kadis PU, Rio Satrya Alamsyah ST., MT diruang kerjanya Senin, (20/05/2024)

Sosok akrab disapa Rio itu juga menjelaskan bahwa selain pendampingan oleh pihak Kejari Dumai PSD juga dikawal BPKP serta Inspektorat.

"Pelaksanaan PSD bukan hanya di dampingi pihak Kejari saja, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) juga ikut mengawasi dengan probity audit (memberikan keyakinan melalui penilaian (independen) apakah proses, prosedur, dan sistem pada proyek sektor publik telah dilakukan dengan integritas, kebenaran, dan kejujuran oleh para pihak yang terlibat)". jelasnya lagi dengan detail.

Bahkan sosok yang selama pengabdian sebagai ASN hanya berkutat di seputaran Dinas PU itu menyatakan Badan Pengawas Keuangan serta Inspektorat juga ikut mengawasi kegiatan-kegiatan di Dinas PU.

"Selain pihak Kejari, BPKP selaku auditor interen dari Pemerintah, Badan Pengawas Keuangan dan Inspektorat turut terlibat dalam pengawasan kegiatan PSD, artinya pengawasan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan unsur berkompeten, bertujuan meminimalisir potensi penyimpangan dalam pelaksanaan proyek". ulasnya lagi.

Kegiatan Dinas PU mendapat pendampingan pihak Kejari (PAM PSD) adalah proyek Peningkatan Jalan Jenderal Sudirman (kanan, Kecamatan Dumai Kota) dan Pekerjaan penanganan Long Segment (pemeliharaan rutin berkala peningkatan rekonstruksi), Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai Tahun Anggaran 2023.

Beberapa waktu lalu Tim PAM PSD melakukan kunjungan lapangan bersama Tim Teknis PU, Konsultan dan Penyedia Jasa terhadap beberapa proyek yang dikelola Dinas PU. Kunjungan lapangan dilakukan diharapkan pekerjaan tersebut dapat dimanfaatkan sebagaimana fungsinya pungkas Rio.

"Kunjungan itu untuk memastikan selama proses PSD semua berjalan sesuai perencanaan tidak ada indikasi perbuatan melawan hukum, jika ada pelanggaran dan tidak sesuai perencanaan tentunya PAM PSD akan mengambil tindakan". pungkasnya kepada awak media seraya mengakhiri percakapan.***(RPC)