Hujan Deras Sambut Kedatangan Presiden Jokowi, Kadis PU Berjibaku Atasi Banjir Terjadi

Hujan Deras Sambut Kedatangan Presiden Jokowi, Kadis PU Berjibaku Atasi Banjir Terjadi
Kadis PU bersama jajaran dan pekerja memantau lokasi pompa air di Jalan Datuk Laksamana

Kota Dumai, (Riau) RPC

Sebelah petang (Jumat, 31/05/24) sekira Pukul 16.30 Wib hujan melanda sebahagian besar Wilayah Kota Dumai. Hujan dengan intensitas tinggi (deras) mulai tercurah saat rombongan Presiden Republik Indonesia itu mengaspal di Jalan Jenderal Sudirman. Tak pelak masyarakat dan para pelajar yang berjejer sepanjang Jalan menanti kedatangan Jokowi kuyup diterpa hujan.

Hujan deras dengan durasi yang cukup lama sekitar 3 jam membuat beberapa ruas Jalan tergenang oleh air. Mengantisipasi agar tidak terjadi banjir berkepanjangan Dinas Pekerjaan Umum (PU) segera bertindak. Menelusuri lokasi atau titik-titik penyebab laluan air menuju Laut terhalang sehingga mengakibatkan genangan air.

Terpantau awak media rombongan Dinas PU meninjau lokasi yang terletak di Jalan Datuk Laksamana. Pada salah satu pompa air tak jauh dari lokasi Pabrik Wilmar beberapa pekerja menghidupkan mesin pompa.

Antara rombongan Dinas PU kehadiran Riau Satrya Alamsyah ST., MT menarik perhatian awak media. Sosok Kepala Dinas (Kadis) itu langsung turun ke lapangan guna mengantisipasi serta mengatasi banjir dadakan akibat hujan deras.

Selain Rio sapaan akrabnya hadir pula Tabrani ST Kepala Seksi (Kasi) Drainase dan Wan Hendri ST, Kasi Program Pintu Air. Tentu saja kedatangan mereka untuk memeriksa pintu air dan sesekali terlihat melakukan dialog. Kemungkinan berdiskusi dan bertukar pikiran terkait debit air yang cukup tinggi pada kawasan tersebut agar segera dicari solusi.

Terkait kehadirannya pada salah satu lokasi keberadaan pompa air awak media meminta tanggapan sosok biasa disapa Rio itu. Mengiyakan bahwa saat itu sedang melakukan pemantauan pompa air pasca dilanda hujan deras dari sore hingga kemalam.

"Iya Bang, bersama anggota memantau dan memeriksa lokasi terjadinya banjir akibat hujan agar genangan air tidak terlalu lama terjadi, setelah turun langsung ke lapangan kita bisa segera mengatasi dengan menghidupkan mesin pompa sehingga debit air cepat berkurang". balasnya melalui pesan WhatsAap.

Menambahkan "Kejadian tersebut harus segera diatasi apalagi berkaitan dengan kehadiran Bapak Presiden, karena itu bersama beberapa Kasi dan anggota lainnya langsung turun dan kita akan pantau keseluruhan". ungkapnya seraya menyatakan akan bergerak ke lain lokasi.

Turunnya Kadis PU bersama beberapa jajaran mendapat apresiasi warga sekitar, dan mereka berharap agar persoalan banjir segera teratasi. Meski memaklumi bahwa persoalan banjir adalah persoalan yang rumit karena banyak faktor menjadi penyebab.

"Salut juga dengan Pak Kadis Rio dan jajaran malam-malam turun lapangan mengatasi persoalan banjir, ibarat pepatah "tunggang-langgang atau bertungkus-lumus"  dalam mengatasi banjir, sebagai warga mengucapkan terima kasih atas kinerjanya dan berharap agar persoalan banjir bisa tuntas dan tidak terjadi lagi di terutama dilingkungan kami ini". sebut warga bernama Andi.

"Memahami bahwa persoalan banjir bukan perkara mudah namun harapan tetap kita sematkan agar banjir benar-benar tidak terjadi lagi, apakah itu karena dampak hujan atau akibat air laut pasang (rob)". harap Andi yang rumahnya berdekatan pompa air.

Pernyataan warga bernama Andi awak media utarakan kepada Kadis PU Rio, bahwa berharap persoalan banjir di Kota Dumai dapat diatasi dan tidak terjadi lagi. Rio mengatakan akan berupaya maksimal dan akan dilakukan beberapa metode, kegiatan itu akan sesegera dilaksanakan, berharap masyarakat juga mendukung upaya dilakukan Pemerintah Kota Dumai selama ini melalui kebijakan Pak Walikota H. Paisal dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan tidak membuang sampah sembarangan". sebut Rio membalas harapan warga..

Pantauan awak media setelah upaya dilakukan oleh Dinas PU beberapa saat berselang kondisi air semula tinggi turun drastis. Meski pada beberapa lokasi masih ada genangan air namun tidak seperti saat tindakan belum dilakukan jajaran PU. Tentunya sebagai warga Dumai kita harapkan Walikota Paisal melalui Dinas PU bisa mengatasi Banjir.***(RPC)