Kedatangan Reza Fahlepi Selaku Plt Kadis PUPR Disambut Antusias Warga

Kedatangan Reza Fahlepi Selaku Plt Kadis PUPR Disambut Antusias Warga

Dumai.(Riauperistiwa.com)-Kerisauan dan kesulitan warga dalam mengakses Jalan Nenas akibat ambruknya sebuah Box Culvert, dan pastinya terdampak langsung warga berdomisili sekitaran sepertinya waktu dekat segera teratasi. Di karenakan Jumat sore (21/01/2022) rombongan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Dumai terlihat menyambangi lokasi tersebut. Adapun kedatangan itu jika menilik kejadian sesudahnya didasari atas rusaknya sebuah Box culvert atau gorong-gorong cor sebagai penghubung yang ada di badan Jalan tersebut.

Pantauan awak media, kedatangan rombongan Dinas PUPR itu dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas (Kadis) yaitu Reza Fahlepi, ST. Tentu saja kedatangannya mengejutkan warga karena pada saat itu mereka sedang melakukan giat gotong royong dan tidak menyangka sama sekali. Tak ayal kedatangan spontan itu menjadi ajang kesempatan warga RT 07 Kelurahan Simpang Tetap Darul lhsan (STDI) dan warga RT 13 Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat menyampaikan keluhan akibat rusaknya Box culvert di akses Jalan yang ada di pemukiman mereka.

Secara langsung Plt. Kadis PUPR itu dengan di dampingi Kabid Alkal dan Dodi salah satu Kasie pada Bidang Bina Marga (BM) serta beberapa staf lainnya bersama warga yang ada di lokasi langsung melihat Box culvert yang sudah rusak itu. Kesimpulannya dalam waktu cepat akan dilakukan pekerjaan karena keberadaan gorong-gorong itu sangat vital sekali. Meski di sampaikan orang nomor satu di Dinas PUPR Kota Dumai tersebut bahwa Anggaran untuk saat ini belum tersedia namun akan di upakan sesegera mungkin sebagaimana di utarakannya kepada warga dan awak media.

Box culvert ini harus di kerjakan secepatnya karena fungsinya vital sekali, meski sebenarnya Anggaran belum tersedia namun akan kita upayakan dengan cara apapun untuk di kerjakan karena masyarakat sangat membutuhkan dan kita tidak ingin masyarakat menjadi sulit melakukan aktivitas karena adanya salah satu prasarana rusak, yang berdampak langsung terhadap warga sekitar.

"Kita akan kerjakan secepatnya karena ini penting sekali sebagai sarana penghubung, jangan sampai kegiatan arus lalu lintas disini terganggu meski sebenarnya sudah terjadi namun tidak elok di biarkan terlalu lama, meski Anggaran sebenarnya belum tersedia namun dengan cara apapun akan kita prioritaskan supaya Masyarakat kembali nyaman berlalu lintas disini". ungkap sosok yang baru saja dilantik itu seraya memperhatikan jembatan kayu dibuat secara swadaya oleh warga sebagai pengganti Box culvert rusak. 

Kesempatan sama salah satu warga bernama Nano kepada awak media sangat apresiasi atas kedatangan rombongan Dinas PUPR. Apalagi kedatangan itu dipimpin langsung oleh Plt.Kadis yaitu Reza Fahlepi, dan kesempatan itu ia berharap agar secepatnya di bangun Box culvert karena sangat vital sekali. Sebab beberapa hari ini warga sekitar sangat kesulitan sekali keluar masuk untuk meng-akses Jalan Nenas karena harus berputar.

"Saya tadi bersama warga sangat kaget melihat kedatangan pak Reza beserta jajaran karena tidak menyangka, dan kebetulan kami sedang bergotong royong, Alhamdulillah tadi responnya sangat baik sekali dan beliau nyatakan akan secepatnya mengatasi persoalan ini, dan tentunya kami berharap agar secepatnya terealisasi karena sangat mendesak sekali". ungkapnya dengan raut senang.

Lanjutnya "Saya sebagai warga sekitar ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah di berikan pak Reza selaku Kadis PUPR meski beliau sementara ini hanya berstatus Plt. Karena apa yang telah beliau lakukan sangat luar biasa sekali dan kami tidak menyangka kedatangannya, apalagi beliau sudah janjikan secepat mungkin di kerjakan meski Anggaran belum tersedia, karena hal itu penting sekali bagi kami". tutup Nano dengan di dampingi beberapa tokoh Masyarakat sekitar seperti RT, Bhabinkamtibmas dan tak luput tentunya warga sekitar. 

Menjawab atas kekagetan warga sekitaran Jalan Nenas disebabkan kehadiran spontannya dan tanpa ada permintaan warga. Selaku Plt. Kadis saat ditanyai awak media sosok yang baru menjabat itu menjawab dengan santainya, dan berikut ucapannya.

"Menjadi tugas kita untuk merespon dengan cepat apa saja sarana dan prasarana rusak yang ada kaitan dengan Dinas PUPR, apalagi berkaitan fasilitas vital salah satunya seperti Box Culvert, kan kasihan kita melihat warga pengguna akses Jalan ini harus berputar arah mencari jalur alternatif, apalagi warga sekitar yang saban hari melewatinya mudah-mudahkan waktu cepat kita perbaiki". ujarnya seraya berpamitan.

Pantauan awak media bahwa pembangunan Box culvert memang harus segera dilakukan karena itu satu-satunya akses keluar masuk Jalan Nenas. Meski sementara waktu untuk pejalan kaki dan pemakai kendaraan roda dua bisa teratasi dengan adanya jembatan kayu yang dibuat warga untuk penghubung sementara. Namun untuk kendaraan roda empat di pastikan tidak bisa, jika warga yang rumahnya melewati Box culvert tersebut dengan menaiki kendaraan roda empat tentu harus berputar mencari Jalan alternatif jika ingin melewati.***(Redaksi)