Renofasi Pasar Pandawa Desa Muara Jaya Tingkatkan Perekonomian Warga Desa

Renofasi Pasar Pandawa Desa Muara Jaya Tingkatkan Perekonomian Warga Desa

Rokan Hulu, RPC

Pemerintah Desa Muara Jaya Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu memanfaatkan dana desa untuk membangun pasar desa. Pandawa Pasar yang terdiri dari beberapa los direnofasi sehingga dapat menampung ratusan pedagang menggunakan los pasar Pandawa.

Ketua panitia pelaksanaan Imron, hal ini disampaikan Kades Muara Jaya sekaligus menjelaskan bahwa Los dibangun menggunakan Dana Desa.

Pembangunan pasar tersebut juga sebagai upaya Pemdes mempermudah akses jalan agar tidak macet dengan diberikannya tempat kepada pedagang baik dari luar desa Muara Jaya maupun penduduk setempat, imbuhnya. 

”Pasar desa Pandawa ini direnovasi, karena sebelumnya (aktivitas jual beli) Desa Muara Jaya sebahagian masih numpang di pingir jalan sehingga mengganggu pengguna jalan", ujar Suarno pengawas renofasi pengerjaan los .

Selain itu ditempat terpisah, Kades Muara Jaya mengutarakan bahwa pembangunan pasar, pihak desa berencana membangun pengolahan sampah yang letaknya hanya beberapa meter dari lingkungan pasar.

Nantinya pengelolaan sampah akan berkolaborasi dengan peternak sapi, yang akan diubah menjadi pupuk", ujar Setyono Kades Muara Jaya. 

Bukan itu saja, Pemdes Muara Jaya akan mengusulkan pembuatan khusus tempat sampah di dekat lokasi Pasar Pandawa kepada Pemerintah Kabupaten untuk sumber pupuk hasil dari sampah pedagang.

Setyono memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemdes Muara Jaya atas pembangunan pusat perbelanjaan tradisional tersebut. Dirinya berharap Pasar Pandawa bisa menjadi sentra perdagangan dan perekonomian warga sekaligus mengembalikan fungsi jalan sebagai sarana berlalu lintas dan juga meminta warga untuk merawat kebersihan pasar.Pandawa.

Lanjutnya, agar Pasar Pandawa Desa Muara Jaya makin berkembang, Kepala Desa juga menghimbau para pedagang mengikuti perkembangan teknologi yakni berjualan secara daring (online) dengan memanfaatkan gawai yang dimiliki serta memanfaatkan fasilitas yang ada juga menjaga kebersihan bersama yang menggunakan Los pasar Pandawa Desa Muara Jaya", pungkasnya, mengakhiri.(***Elisman Purba)