Perbaikan Jalan Desa Bukit Intan Makmur Menuju Kota Lama Sepanjang 8 Kilometer Telah Selesai

Perbaikan Jalan Desa Bukit Intan Makmur Menuju Kota Lama Sepanjang 8 Kilometer Telah Selesai

Rokan Hulu, RPC

Jalan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

Pemerintah kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) melalui program Swakelola Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan jalan di Desa Bukit Intan Makmur kecamatan Kuntodarussalam (08/09/2022).

Perbaikan akses jalan sepanjang 8 (delapan) kilometer itu dilakukan mulai dari Desa Bukit Intan Makmur menuju Desa Kota Lama dimana sebelumnya kondisi jalan itu rusak parah.

Dengan diperbaikinya jalan itu, pemerintah Desa Bukit Intan Makmur memberikan apresiasi kepada PUPR Rohul karena akses jalan dapat meningkatkan perekonomian warga khusunya di bidang pertanian.

Perbaikan jalan itu juga disambut gembira oleh warga Desa Bukit Intan Makmur dan Kota Lama termasuk tokoh masyarakat.

Selama ini, sebelum jalan itu di perbaiki, warga harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan kondisi jalan rusak untuk menjual hasil panen. Dengan diperbaikinya jalan itu, warga tidak butuh waktu lama untuk mengangkut hasil pertanian.

Kepala Desa Bukit Intan Makmur Nastain SPd juga menyambut gembira dengan diperbaikinya jalan sepanjang 8 (delapan) kilometer melalui program Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Bukit Intan Makmur dengan Pemerintah Kabupaten.

“Ini merupakan bentuk perhatian bagi para petani khususnya, karena jalan ini sangat penting dan sudah lama rusak,” ungkap Kades Bukit Intan Makmur.

Pihaknya berharap, dengan diperbaikinya jalan itu, usaha pertanian dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan bisa membawa kemajuan perekonomian warga untuk mempertahankan ketahanan pangan Desa Bukit Intan makmur .

Lanjut Nastain SPd, awalnya akses jalan ini rusak parah dan diusulkan untuk diperbaiki dengan memanfaatkan swakelola Pemerintahan Desa.

“Tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan terutama membuka jalan usaha tani yang menjadi prioritas utama,” sebut Kades Nastain. SPD.

Dari beberapa kepala keluarga yang ada di desa sebagian besar menggantungkan hidupnya di sektor pertanian, sehingga kebutuhan akses jalan usaha tani menjadi prioritas,” jelasnya 

Terkait usulan pengerjaan jalan usaha tani ini, menurut Kades Bukit Intan Makmur Nastain SPd merupakan wacana yang sudah lama.

“Namun baru saat ini rencana tersebut bisa terealisasi. Jalan itu dibangun sepanjang 8 kilometer dengan lebar 5 meter dan untuk perbaikan jalan ini selama lima hari dengan alat berat dan membutuhkan anggaran yang cukup", pungkasnya.***EP