'Duaar',.. Ledakan Dahsyat Di Kilang Pertamina RU ll Dumai Jebol Plafon Masjid Taqwa Dan Kaca-Kaca Rumah Warga

'Duaar',.. Ledakan Dahsyat Di Kilang Pertamina RU ll Dumai Jebol Plafon Masjid Taqwa Dan Kaca-Kaca Rumah Warga

Kota Dumai, Riauperistiwa.co.id

"Duaaar" sebuah ledakan dahsyat berasal dari dalam Kilang Minyak Pertamina Refinery Unit (RU) ll rusakan plafon Masjid Taqwa di Jalan Jenderal Sudirman Kota Dumai. Ledakan tersebut diketahui terjadi sekira Pukul 22.40 Wib, Sabtu (01/04/2023).

Tak ayal jebolnya plafon tersebut membuat jamaah yang masih berada didalam Masjid terkejut dan berhamburan lari keluar.

"Saat itu jamaah masih ramai didalam Masjid dalam rangkaian menjalankan ibadah Bulan suci Ramadhan, tiba-tiba terdengar dentuman menggelegar sesaat setelah itu ada plafon Masjid jebol, sontak saja membuat jamaah yang ada dalam Masjid berhamburan keluar". sebut salah satu jamaah.

"Suaranya sangat keras sekali dan terasa bergetar, kaget pikir ada gempa bumi tapi kalau gempa kok ada suara dentuman". tambahnya dan minta namanya tidak di ekspose.

Selain plafon Masjid Taqwa ada juga kaca-kaca rumah warga yang pecah, hal itu awak media ketahui dari Ketua LPMK Tanjung Palas. Sebagaimana disampaikan Suharyanta pada tengah malam di hadapan Pintu masuk.

"Kaca-kaca rumah warga sekitaran Tanjung Palas ada yang pecah dan tadi kita sudah ketemu pihak Pertamina, bahkan kitapun ke lokasi ledakan untuk memastikan apakah situasi aman dan tidak berbahaya lagi bagi warga sekitar, tadi tampaknya aman". ujar pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

"Untuk menjamin keselamatan dan mengantisipasi jika ada warga yang terganggu kesehatan di siagakan Tenaga Medis dan Ambulance, itu tadi disampaikan pihak Pertamina dan rencananya besok di inventarisir warga yang terdampak akibat ledakan tadi dan Pertamina akan menganti kerugian warga". ungkap pria akrab disapa Ahok.

Hingga berita rilis belum diketahui penyebab ledakan, sumber lain menyebut ledakan terjadi pada bagian dapur atau compresor. Begitujuga dengan korban (Pekerja) belum didapat keterangan resmi. Namun pastinya Ambulance terpantau beberapa kali keluar-masuk areal Kilang Putri Tujuh.***


Penulis : Zainal Arifin
Editor : Iwan, Nst