Tim Damkar TNI/ Polri Bersama Awak Media Bantu Padamkan Api Di Lahan Sawit Desa Lubuk Bendahara Rohul

Tim Damkar TNI/ Polri Bersama Awak Media Bantu Padamkan Api Di Lahan Sawit Desa Lubuk Bendahara Rohul

Rokan Hulu, RPC

Tim Damkar TNI dan Polres Rokan Hulu (Rohul) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul melakukan pemadaman dilahan yang terbakar seluas 4 (empat) hektare di Desa Lubuk Bendahara Bukit Cinta Kecamatan  Rokan IV Koto  dan kebakaran di lahan sawit warga.

Kapolsek Rokan IV Koto AKP Johanes Tindaon SH memerintahkan anggotanya untuk membantu pemadaman di areal lahan yang terbakar bersama Tim Damkar dan TNI dibantu dengan beberapa awak media ke lahan yang terbakar.

Anggota Polres Rohul bersama TNI dan BPBD serta awak media yang bertepatan melintas juga ikut serta membantu. Tak butuh waktu lama untuk melakukan pendinginan di lokasi, tim gabungan memadamkan hanya 1 jam selesai, kata Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono dalam keterangannya (Selasa, 12/09/2023).

Meskipun api sudah padam, tim yang bergabung tetap di lokasi untuk melakukan pendinginan di lahan dan untuk memastikan asap hilang.

Kapolres juga menjelaskan bahwa kebakaran dimaksud terjadi tiba - tiba sekitar pukul 15.00 WIB dimana saat itu titik api pertama berasal dari arah pinggir jalan yang terdapat rumput kering.

"Kemudian api tersebut merambat ke atas di sekitar lahan tersebut. Setelah mendapat info kebakaran lahan, Kapolsek langsung perintahkan personilnya  turun ke lokasi .

Terhitung 2 (dua) jam, anggota tim mengaku api dapat dipadamkan di lokasi pemadaman guna mencegah api meluas semakin lebar.

Tidak ada kendala  memadamkan api karena lahan yang terbakar hanya rumput kering yang berada ditepi jalan yang berbukit.

"Karena itu tim membawa sejumlah peralatan pemadaman berupa 2 mesin air mini merk tohatsu saat memadamkan api dan  mereka menghadapi kendala untuk melakukan pendinginan secara maksimal di lahan yang sudah terbakar namun proses pemadaman cepat selesai.

"Semoga titik api sudah padam semua dan hanya perlu melakukan upaya pendinginan dengan menggunakan kekuatan personel sehingga penyemprotan dapat dilakukan maksimal", ungkap Kapolsek.***EP